Sunday, April 8, 2018

Budaya Muna - Rumah Adat Muna

Replika Rumah Lakina muna merupakan replika rumah raja muna yang didirikan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengetahui lebih rinci mengenai budaya dan kebudayaan muna. Selain sebagai replika rumah raja, tempat ini digunakan pula sebaga tempat untuk menyimpan benda benda purbakala peninggalan kerajaan muna, layaknya sebagai sebuah museum.
Replika rumah ini berada di Kota Raha. Replika rumah ini dikelilingi oleh tembok besar, yang dibangun dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa dahulu kala didaerah ini terdapat benteng besar yang mengililingi seluruh kerajaan muna (Kotano Wuna). Replika rumah lakina muna memiliki bentuk yang hampir mirip dengan sumah adat suku bungis, namun memiliki perbedaan pada bagian teras dan atap rumah.
Kerajaan Muna atau Wuna merupakan salah satu kerajaan besar yang berada di wilayah Sulawesi Tenggara. yang didirikan pada tahun 1371 hingga tahun 1956. Kerajaan ini terletak di Bagian Utara Pulau Muna dan beribukota di Kotano Wuna (kini Kecamatan Tongkuno), dengan Raja pertamanya La Eli alias Baidhuldhamani gelar Bheteno ne Tombula Alias Remang Rilangiq yang menikah dengan Watandriabeng adik sawerigading.

No comments:

Post a Comment