Thursday, October 6, 2011

Observatorium Bosscha

  • Apakah Observatorium Bosscha itu?
    Observatorium Bosscha adalah tempat pengamatan dan penelitian astronomi tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha merupakan salah satu laboratorium Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dikelola dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - FMIPA ITB.

  • Apakah umum boleh berkunjung ke Observatorium Bosscha?
    Boleh, dengan jadwal waktu yang telah ditentukan oleh Observatorium Bosscha
  • Ada berapa jenis teleskop yang ada di Observatorium Bosscha?
    Ada dua jenis, yaitu teleskop optik dan teleskop radio. Teleskop optik juga ada dua jenis, yaitu yang berjenis reflektor(menggunakan cermin) dan refraktor(menggunakan lensa).
  • Apakah untuk berkunjung harus rombongan?Tidak, pengunjung perorangan atau keluarga bisa datang langsung pada hari sabtu. Sedangkan hari Selasa sampai Jumat dialokasikan untuk rombongan sekolah atau institusi.
  • Berapa jumlah teleskop yang ada di Observatorium Bosscha?
    Ada 7 teleskop besar optik yang memiliki bangunan sendiri dan terpasang permanen, yaitu Zeiss, Unitron, GAO-ITB, GOTO, Surya, Bamberg, dan Scmidt Bima Sakti. Sedangkan teleskop radio ada TRB (Teleskop Radio Bosscha), Teleskop Radio JOVE, dan beberapa lagi yang masih dalam pengembangan.
  • Apa yang dilakukan oleh Observatorium Bosscha?Observatorium Bosscha melakukan berbagai penelitian tentang benda-benda langit dan pengembangkan instrumen terkait. Sebagai Laboratorium Penelitian ITB, Observatorium Bosscha melayani proses pendidikan Sarjana dan Pascasarjana yang dilakukan oleh Program Studi Astronomi ITB.

  • Apakah hasil yang didapat oleh Observatorium Bosscha?
    Hasil yang didapat biasanya berupa karya ilmiah hasil pengamatan dan penelitian yang diterbitkan di jurnal - jurnal ilmiah.

No comments:

Post a Comment