Wednesday, June 20, 2012

Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA

UEFA Euro 2012 trophy.jpgKejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA adalah turnamen sepak bola utama antara tim nasional sepak bola pria dibawah UEFA. Diadakan setiap empat tahun sejak tahun 1960, pada tahun genap antara Piala Dunia, yang awalnya disebut Piala Negara-Negara Eropa, namanya berubah ke nama hari ini sejak 1968. Dimulai dengan turnamen tahun 1996, kejuaraan tertentu sering disebut dalam bentuk Euro 2012, dan tahun-tahun lain.
Sebelum dapat berlaga di babak final, semua tim selain negara tuan rumah (yang otomatis lolos) bersaing dalam kualifikasi. Para pemenang kejuaraan mendapatkan kesempatan untuk bersaing di Piala Konfederasi FIFA, yang digelar satu tahun sebelum Piala Dunia, tetapi tidak diwajibkan untuk melakukannya.
Empat belas gelaran telah dimenangkan oleh sembilan tim nasional yang berbeda: Jerman dan Spanyol masing-masing telah memenangkan tiga gelar, Perancis memiliki dua gelar, dan Uni Soviet, Italia, Cekoslovakia, Belanda, Denmark dan Yunani telah memenangkan satu titel masing-masing. Sampai saat ini, Spanyol adalah satu-satunya dalam sejarah yang memenangi gelar berturut-turut, melakukan hal itu pada edisi 2008 dan 2012.
Kejuaraan paling baru, yang diselenggarakan bersama oleh Polandia dan Ukraina pada 2012, dimenangkan oleh Spanyol, yang mengalahkan Italia 4-0 di final di Kiev, Ukraina.

No comments:

Post a Comment